Pengenalan Alat / Dj Equipments

0
Sebagai seorang DJ wajib untuk mengenal dan memahami peralatan atau kebutuhan untuk DJ itu sendiri, agar dapat pengetahui dan mengoprasikan alat-alat tersebut dengan baik dan benar. Biasanya peralatan Disc Jockey / DJ Equipments terletak pada DJ Booth / DJ Counter (meja DJ). Berikut ini adalah alat-alat yang biasanya digunakan oleh DJ :


Turtable

Turtable adalah sebuah alat / player untuk memutar piringan hitam atau vinyl. Turntable saat ini berbeda dengan turntable yang dulu, Karena sudah sering mengalami perubahan maka ada beberapa fitur yang ditambahkan pada turntable saat ini. Turntable yang biasanya digunakan para DJ adalah TECHNICS SL-1200 MK II, Karena sistem mekaniknya sangat simple dan sistem kecepatan pada motornya akurat. Ada beberapa merk dari Turntable selain TECHNICH, Seperti :
NUMARK TT-1400, VESTAX PDT 5000, GEMINI XL-DD5011 dan lain-lain, Tetapi DJ-DJ di seluruh dunia rata-rata mengunakan Turntable merk TECHNICS.

Keterangan pada turntable TECHNICS :

1. Turntable Mat : Tatakan piringan hitam
2. Start/Stop buttons : Tombol hidup matinya turntable
3. Speed select button : Tombol pengatur RPM sesuaiplat (45/33)
4. Stylus Iiluminator swicth : Tombol Lampu menerangan jarum turntable
5. Headshell : Tempat catridge dan Stylus dipasang
6. Picth Control Knob : Tombol pengaturan pada picth control
7. Reset Botton : Tombol riset
8. Center spindle : Pusat putaran (sumbu as)
9. Balance Weight : Pemberat untuk keseimbagan
10. Cueing Lever : Pengangkat Arm
11. Power Swicth : Tombol hitam pengatur tombol
12. Strobe Dots : Bintik-bintik pada sisi motor turntable
13. Turntable Base : Dasar dari turntable
14. 45 RPM adaptor : Lingkaran kecil sebagai pusat putaran untuk lubang yang lebih besar
15. Stylus Iiluminitor : Lampu untuk penerangi turntable
16. Strobe- Iiliminator/Pilot Light : Pelacak kecepatan/lampu tanda On/Off
17. Turntable Platter : Piringan besi dibagian tengah turntable
18. Arm Lock Knob : Tombol pengunci lingkaran tinggi lengan
19. Anti Skating Control Knob : Tombol pengatur antiskating
20. Arm Clamp : Pengunci pada dudukan lengan nada
21. Locking Nut : Pengunci antara lengan dengan Headshell
22. Picth Indikator : Angka petunjuk pada picth control
23. Tone Arm : Lengan nada


CDJ



CD Player atau yang lebih akrabnya lagi dikenal sebagai CDJ. Tetapi CDJ di khususkan untuk DJ, Karena ada beberapa fitur khusus yang memang dibuat untuk mencari beat (tombol CUE ing) dan juga ada pitch controlnya sama seperti turntable, Maka dari itu CDJ berbeda dengan CD Player lainnya. Apalagi di era yang semakin canggih seperti ini, Kegunaan CDJ semakin berkembang dan banyak dipakai oleh DJ-Dj baik itu di club-club maupun di event-event out door. CDJ sudah digunakan sebagai alat pokok di Eropa dan di Amerika sejak tahun 1994. Berbagai macam merk sudah berlomba-lomba mengeluarkan tipe dan kecanggihan fitur-fitur dari CDJ. Seperti Pioneer, Numark, Denon, dan Lain-lain. Banyak DJ-DJ yang menggunakan CDJ dibandingkan dengan Turntable karena playernya tidak seberat turntable, Selain itu bentuknya juga simple dan yang paling penting adalah mudah untuk membawa lagu-lagunya (CD). Ada beberapa merk dan type CDJ yang sering dipakai oleh para Disc Jockey :


PIONEER CDJ ( 100S, 800 dan 1000 ), DENON (S 3000 dan S 5000), TECHNICS dan lain-lain.
bahkan ada CDJ yang dapat difungsi gandakan sebagai alat untuk Visual seperti PIONEER DVJ X1 PRO.




MIXER




Mixer adalah alat yang berfungsi untukmenggabungkan / mencampur kedua lagu yang domainkan oleg DJ. Fungsi dari mixer banyak sekali, Karena selain fungsimya untuk menggabungkan lagu, Alat ini bisamengeluarkan effect-effect (terdapat pada mixer-mixer tertentu saja) juga mengatur volume pada microphone dan lain sebagainya. Mixer untuk DJ, berbeda dengan mixer yang biasanya digunakan untuk band atau studio rekaman.
pada mixer DJ umumnya terdiri dari :
Channel Turntable (Phono), Tape (Line), Master Volume, Cueing Level (Headphone Monitor), dan fasilitas tambahan seperti : Equalizer, Crossfader, DJ Mic, VU, Display, Dll
Setiap Mixer berbeda-beda dari segi keunggulannya, seperti pada mixer Pioneer DJM 600 terdapat fitur yang mengeluarkan Effect.
Mixer yang biasa digunakan DJ :
Pioneer, Allen&Heath, Numark, Gemini Dll
Fungsi dasar Mixer :
- Sebagai terminal : Tempat masuknya berbagai macam sumber bunyi
- Control Board : Tempat menatur besar kecilnya volume tiap channel
- Switch Board : Tempat mengatur hidup matinya atau on/off tiap channel
Mixer merupakan alat yang vital sama seperti turntable ataupun cdj, Karena kesempurnaan, keharmonisan dan kekraifan seorang DJ pada saat Mixing ada pada Mixer.




HEADPHONE
Jangan menganggap remeh alat yang satu ini, meskipun kecil tetapi sangat penting apabila kita sedang melakukan Speed Hunting maupun pada saat Mixing sebuah lagu. Headphone berfungsi memonitor lagu yang akan dikeluarkan dan juga pada saat kedua musik Running. Kita tidak perlu terlalu membesarkan volume pada headphone, asalkan saja sudah jelas ditelinga kita untuk memonitor. Setiap Headphone dari berbagai merk dan tipe mempunyai keunggulan sendiri-sendiri, tetapi sebaiknya kita mencari headphone yang nyaman ditelinga kita dan yang paling terpenting adalah suara yang dihasilkanoleh headphone tersebut harus jelas / tidak pecah (meskipun volume pada headphone sudah dibesarkan). Sebenarnya seorang DJ menggunakan Headphone pada sisi sebelah saja untuk melakukan Cue ing atau Speed Hunting, lalu sisi yang satunya dipakai untuk memonitor lagu sedang dimainkan.
Ada beberapa merk Headphone yang sering digunakan oleh DJ :
TECHNICS, PIONEER, STANTON, SONY, NUMARK, DLL.






MICROPHONE

Biasanya Seorang DJ menggunakan Microphone ketika announching untuk mengucapkan selamat datang atau berpisah juga mengucapkan selamat ulang tahun dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah kualitas dan mutu suara yang dikeluarkan dari Microphone tersebut, Apabila merknya bagus tetapi kualitas suara yang dihasilkan tidak bagus sama saja bohong. Sebagai seorang DJ juga harus tahu cara menyetel atau Adjusment Volume, Bass,Trable, dan Gain yang sesuai sehingga tidak terdengar ada gangguan (feed back) dan suara yang keluar pada speaker terdengar jelas.






VINYL (Piringan Hitam)


Record / Vinyl atau piringan hitam (PH) ibarat peluru bagi para Disc Jockey dan yang menjadi senjata adalah Turntable atau CDJ. PH mempunyai kualitas, mutu dan ukuran yang bermacam-macam. Sebagai DJ perlu mengetahui hal seperti ini, Apabila kita sedang pergi belanja suatu PH, kita sudah pengetahui mana kualitasnya yang bagus dan mana yang tidak.
Vinyl dapat dilihat dari besar / ukurannya dan dapat dibagi menjadi :
- Long Play Record (ukuran besar)
Biasanya berisi banyak lagu dalam satu muka/side dan ukuran yang standart adalah 12 inch
- Single Record (ukuran kecil)
Biasanya berisi satu dalam satu muka/side dan ukurannya yang standart adalah 7 inch.


PH mempunyai ukurasn kecepatan motor / RPM yang berbeda-beda seperti contoh :
45 RPM (biasanya untuk single record atau 12 "single record)
33 1/3 RPM (biasanya untuk long play tetapi ada juga piringan hitam ukuran kecil dengan speed ini).

0 komentar:

Poskan Komentar

Play This Song